JUDUL JURNAL:
Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Bagian Unit
Rawat Jalan RS. PGI Cikini.
PENGARANG/TAHUN:
Andi Regan, 2008.
LATAR BELAKANG:
Rumah sakit merupakan suatu lembaga yang menangani orang
yang mempunyai masalah dengan penyakit yang ada di dalam tubuh seiap menusia.
Rumah sakit adalah tempat dimana semua orang mempercayakan
kesehatan mereka ditangan dokter yang bersangkutan dalam bidang penyakit yang
berbeda-beda.
Setiap lembaga rumah sakit mempunyai struktur manajemen yang
akan mengatur setiap kegiatan yang dijalankan oleh pihak rumah sakit, semua itu
dijalankan sesuai dengan ketentuan struktur rumah sakit yang ada.
Pihak manajemen yang mengelola rumah sakit merupakan bagian
penting yang menjalankan setiap kegiatan yang dijalankan dengan struktur yang
baik.
Kepuasan para pasien atau pengunjung rumah sakit memberikan
segala pendapat yang mereka lihat dari kegiatan menajemen rumah sakit.
Kepuasan seorang pasien rumah sakit adalah bagian terpenting
yang harus dijaga oleh pihak manajemen rumah sakit, apabila terjadi suatu
kesalahan yang dialami oleh seorang pasien, maka akan berdampak negative bagi
rumah sakit tersebut.
PERUMUSAN MASALAH:
Bagaimanakah mengetahui bagian Unit Rawat Jalan RS PGI
Cikini telah memberikan kepuasan kepada seorang pasien?
BATASAN MASALAH:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada tingkat
kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan bagian Unit Rawat Jalan RS PGI
Cikini.
TUJUAN PENELITIAN:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap
pelayanan Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini.
METODOLOGI PENELITIAN:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah Bagian Rawat Jalan RS PGI
Cikini yang bertempat di jalan Raden Saleh Jakarta Pusat, Data diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang menjadi pasien
bagian Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini.
Variabel Penelitian:
Data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5 dimensi
yaitu:
1) Keandalan: Segala kemampuan untuk
melaksanakan pelayanan jasa yang telah dijanjikan secara pasti. Misalnya:
pemberian jasa pelayanan kepada pasien, ketepatan waktu pelayanan yang
diberikan kepada pasien.
2) Daya tanggap: Reaksi tanggapan yang
cepat dalam memberikan bantuan kepada pasien. Misalnya: kecepatan perawat
melayani pasien, antisipasi yang dilakukan perawat tehadap pasien.
3) Jaminan: Segala pengetahuan, etika, dan
kemampuan petugas untuk menimbulkan kepercayaan pasien. Misalnya: jaminan
keselamatan dan kenyamanan pasien, keramahan perawat dan dokter dalam melayani.
4) Empati: Perhatian khusus yang diberikan
dokter dan perawat kepada setiap pasien. Misalnya: adanya perhatian dari
perawat kepada pasien, memperlihatkan kesopanan dan keramahan kepada pasien.
5) Berwujud: Pengetahuan fisik dari
seluruh fasilitas yang disediakan untuk pasien. Misalnya: Kebersihan rumah
sakit, fasilitas ruangan, toilet, dan tempat parkir yang memadai.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam penelitian ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1) Metode angket: Penulis akan memberikan
beberapa pertanyaan kepada para pengunjung Rumah Sakit, khususnya bagian Rawat
Jalan RS PGI Cikini untuk mendapatkan data yang diinginkan.
2) Metode observasi: Penulis melihat
secara langsung keadaan atau situasi yang terjadi di RS PGI Cikini.
Model Penelitian:
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini
adalah menggunakan Skala Likert dan Chi Square.
Skala Likert adalah analisis yang digunakan untuk mengukur
sikap, pendapat, persepsi seseorang terhadap
fenomena social.
Rumus Skala Likert:
NIK = Nilai Bobot :
Kategori Penilaian
dimana : NIK: Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot: (Kategori Penilaian x Bobot masing-masing)
Chi Square adalah alat analisis yang digunakan untuk
menghitung perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi
(fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasarkan pada hipotesis tertentu.
Rumus Chi Square:
X2 = S (fo-fe)2
fe
dimana : X2 : Chi Square hitung
fo : frekuensi observasi.
fe : frekuensi harapan.
H0 = Pasien pada RS PGI Cikini tidak puas terhadap pelaynan
yang diberikan.
Ha = Pasien pada RS PGI Cikini puas
terhadap pelaynan yang diberikan.
Untuk mencari fe digunakan rumus:
fe = Pr x Pc x n
dimana : Pr : Proporsi baris total
Pc : Proporsi kolom
n : Jumlah data
HASIL DAN KESIMPULAN:
Berdasarkan hasil yang telah didapat terdapat 100 responden
dari hasil observasi, diperoleh perhitungan dengan Chi2 didapat nilai X2 hitung
lebih besar dari nilai kritis 8771,47 pada a = 5% sehingga disimpulkan bahwa
para pasien Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini merasa puas terhadap pelayanan yang
diberikan.
Selain itu juga dapat dilihat dari Nilai Indeks Kinerja pada
Unit Rwat Jln RS PGI Cikini, dimana faktor yang memberikan kepuasan terdapat
pada dimensi empati, yaitu para pasien merasa dihormati dan dilayani dengan
sangat baik, dan presentase yang bisa disimpulkan yaitu dengan nilai rata-rata
77,98%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan RS
PGI Cikini sudah membuat para pasien merasa puas untuk menggunakan jasa
pelayanan rumah sakit.
SARAN:
Apabila RS PGI Cikini ingin mempertahankan kepuasan pada
pasien, maka harus senantiasa memberikan dan mempertahankan mutu pelaynan yang
diberikan kepada pasien, dan selalu memperhatikan kebutuhan pasien, dan bisa
memberikan fasilitas-fasilitas yang baik agar memberikan kepuasan tersendiri
kepada setiap pasien.
Referensi :
- http://liasetianingsih.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar