METODELOGI PENELITIAN
3.1Metodelogi
Objek Penelitian
Objek dalam penulisan ini yaitu Pasien yang melakukan
persalinan di Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya yang beralamat di Jalan Dr.Saharjo
No:120 Jakarta Selatan.
Data dan Variabel Penelitian:
Sajian data atau variabel yang akan digunakan oleh penulis
dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan
yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian,
empati, dan berwujud. Dengan mengambil sample sebanyak 50 responden.
Metode Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data, penulis berusaha mendapatkan data
yang sesuai dengan masalah yang akan diambil. Adapun yang menjadi sumber
datanya adalah:
1) Data primer, yaitu data yang diperoleh
langsung dari rumah sakit.
2) Data sekunder, yaitu data yang
diperoleh dari buku-buku yang bersangkutan dengan keperluan penelitian dan juga
menggunakan media elektronik seperti internet untuk melengkapi masalah yang
akan diungkapkan dalam penulisan.
Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang akan digunakan
oleh penulis adalah:
1) Metode lapangan, yaitu penelitian
secara langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dengan cara wawancara,
observasi langsung dan pembagian angket kepada pengunjung rumah sakit yang
datang.
2) Metode pustaka, yaitu dengan mencari
gambaran secara teoritis dengan cara membaca buku ilmiah serta buku lainnya
yang berhubungan dengan topic permasalahan.
Hipotesis
Dengan berusaha untuk meningkatkan pengunjung yang datang,
maka pihak perusahaan yang bergerak dibidang jasa harus dapat memperbaiki
pelayanan yang diberikan. Pelayanan sumber daya manusia dalam perusahaan
merupakan salah satu fungsi yang selalu ada dalam perusahaan jasa, karena
merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, yaitu
dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi karyawan dengan upaya meningkatkan
pelayanan terhadap pengunjung.
Metode Penelitian (Alat Analisis yang Digunakan)
1) Skala Pengukuran
Di dalam penulisan ini penulis mengggunakan skala Likert,
yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian sikap,
pendapat, dan persepsi sosial seseorang/kelompok. Dalam hal ini digunakan 5
tingkat yang terdiri dari Sangat Puas, Puas, Cukup Puas, Kurang Puas, Tidak
Puas.
2) Metode Analisis Data
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data
penelitian ini adalah dengan menggunakan Chi Square. Chi Square adalah alat
analisis untuk melihat variabel jenis pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen,
dengan rumus sebagai berikut:
Untuk mencari Fe, digunakan rumus:
Dengan menggunakan tingkat signifikan a = 10% (0,1) dan
dengan hipotesis penelitian sebagai berikut:
H0: Pasien tidak merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.
H1: Pasien
merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.
Pengambilan Keputusan:
Syarat dalam pengambilan keputusan adalah
Jika Chi Square hitung .> Chi Square table maka H0
ditolak.
Jika Chi Square hitung .< Chi Square table maka H0
diterima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar