BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pemerintah dewasa ini sedang
dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk melakukan perubahan
di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada masyarakat dan membantu
masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.
Dalam era globalisasi saat ini,
Indonesia ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya
masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan
nasional yang hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut
masyarakatnya seutuhnya.
Rumah Sakit adalah salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam menjalankan kegiatannya
diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai teknologi, alat-alat medis,
pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai, penyediaan makanan, peralatan
serta sistem manajemen admistrasi yang terkoordinasi dengan baik, karena
pelayanan dengan mutu atau kualitas yang terbaik akan dipilih oleh para
konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jasa
tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang sangat penting yang harus
diperhatikan.
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah:
1) Bagaimana tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit?
2) Faktor apa saja yang berpengaruh dalam
tingkat kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan yang diberikan?
Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penulisan ini
penulis akan membatasi permasalahan pada tingkat kepuasan pasien Bagian Unit
Bersalin terhadap pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah:
- Untuk mengetahui apakah konsumen atau pasien merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
- Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam menentukan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit.
Mendapatkan suatu kepercayaan
dari konsumen adalah hal yang terpenting di dalam sebuah perusahaan, apalagi
bila perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa. Kepercayaan konsumen
tersebut tentunya dapat diperoleh melalui pelayanan dengan sebaik-baiknya yang
diberikan oleh konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik, diharapkan dapat
memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen, sehingga konsumen akan
menggunakan jasa dari perusahaan tersebut sewaktu konsumen sedang
membutuhkannya
H0 : Pasien tidak
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
Ha : Pasien merasa
puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar