Sabtu, 01 Desember 2012

Analisis Tingkat Kepuasaan Pelanggan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah 

Pemerintah dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Dalam era globalisasi saat ini, Indonesia ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan nasional yang hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut masyarakatnya seutuhnya.

Rumah Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai, penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang terkoordinasi dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang terbaik akan dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.


1.2 Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah:

1)    Bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit?
2)    Faktor apa saja yang berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan yang diberikan?

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penulisan ini penulis akan membatasi permasalahan pada tingkat kepuasan pasien Bagian Unit Bersalin terhadap pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit.

 1.3 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah:
  1. Untuk mengetahui apakah konsumen atau pasien merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
  2. Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam menentukan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit.
1.4 Kerangka Pemikiran


Mendapatkan suatu kepercayaan dari konsumen adalah hal yang terpenting di dalam sebuah perusahaan, apalagi bila perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa. Kepercayaan konsumen tersebut tentunya dapat diperoleh melalui pelayanan dengan sebaik-baiknya yang diberikan oleh konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik, diharapkan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen, sehingga konsumen akan menggunakan jasa dari perusahaan tersebut sewaktu konsumen sedang membutuhkannya

H0 : Pasien tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
Ha : Pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar