JUDUL PENELITIAN:
Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan RS Mitra
Internasional
PENGARANG/TAHUN:
Lien Nurwita, 2007.
LATAR BELAKANG:
Perkembangan dunia pelayanan kesehatan mengalami kemajuan
dilihat dari banyaknya instansi-instansi swasta yang bergerak di bidang jasa
pelayanan kesehatan masyarakat salah satunya RS Mitra Internasional.
Sebagai instansi swasta yang begerak di bidang kesehatan,
hal utama yang diprioritaskan yaitu memberikan pelayanan maksimal yang
berkaitan dengan kemanusiaan secara keseluruhan, agar pasien merasa puas.
Jika pasien terpuaskan kebutuhannya, maka pasien tersebut
akan berfikir untuk kembali menggunakan pelayanan jasa tersebut dan menjaga
hubungan baik dengan pihak RS. Dengan begitu dapat mendatangkan keuntungan
finansial bagi pihak RS Mitra Internasional, karena gaji para karyawan rumah
sakit tersebut berasal dari pasien, maka pihak rumah sakit harus memberikan
pelayanan yang baik kepada pasien dengan melakukan tugasnya secara profesional.
PERUMUSAN MASALAH:
Bagaimana pengukuran tingkat kepuasan terhadap pelayanan
Rumah Sakit Mitra Internasional?
BATASAN MASALAH:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada tingkat
kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan RS Mitra Internasional.
TUJUAN PENELITIAN:
Untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan RS Mitra
Internasional.
Apakah konsumen/pasien puas terhadap pelayanan yang
diberikan RS Mitra Internasional.
METODOLOGI PENELITIAN:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah RS Mitra Internasional
yang beralamat di Jln. Raya Jatinegara Timur No.85. Data yang didapat
berdasarkan kuesioner, diambil dari (Johanes Suprapto) yang dibagikan terhadap
50 responden.
Variabel Penelitian:
Variabel yang diuji dalam penelitian ilmiah ini terdiri dari
5 dimensi yaitu:
1) Kehandalan: Bagaimana ketepatan dan
kecepatan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
2) Keresponsifan: Bagaimana kepekaan dokter
dan perawat terhadap pasien rawat inap.
3) Keyakinan: Bagaimana pengetahuan dan
kemampuan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
4) Empati: Bagaimana kemampuan perawat
dalam memahami pasien yang sakit.
5) Berwujud: Bagaimana kualitas bangunan
atau tempat, kualitas kamar, toilet, dan kenyamanannya.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam melakukan penelitian ilmiah ini adalah sebagai
berikut:
Riset Lapangan (Field Research)
Wawancara: teknik pengumpuln data yang dilakukan dengan cara
tanya jawab kepada responden pada RS Mitra Internasional.
Kuesioner: menggunakan kuesioner yang disiapkan untuk
wawancara dengan responden RS Mitra Internasional.
Observasi: dengan mendatangi RS Mitra Internasional untuk
mendaptkan data yang diperlukan.
Model Penelitian:
Model penelitian ini adalah menggunakan Chi Square dan skala
Likert.
Chi Square adalah alat analisis yang digunakan untuk
menghitung perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar
terjadi (fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasarkan pada hipotesis
tertentu.
Rumus Chi Square:
X2 = S (fo-fe)2
fe
dimana : X2 : Chi Square hitung
fo : frekuensi observasi.
fe : frekuensi harapan.
H0 = Pasien
pada RS Mitra Internsional tidak puas terhadap pelaynan yang
diberikan.
Ha = Pasien pada RS
Mitra Internasional puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Untuk mencari fe digunakan rumus:
fe = Pr x Pc x n
dimana : Pr : Proporsi baris total
Pc : Proporsi kolom
n : Jumlah data
Skala Likert adalah alat analisis yang digunakan untuk
mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau kelompok orang tertentu
tentang fenomena sosial.
Rumus Skala Likert:
NIK = Nilai Bobot :
Kategori Penilaian
dimana: NIK: Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot: (Kategori Penilaian x Bobot masing-masing)
HASIL DAN KESIMPULAN:
Dari observasi 50 responden yang mencakup 15 pertanyaan dari
5 dimensi pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional kepada pasien, hasil
yang di dapat dengan menggunakan Chi-Square dapat diketahui bahwa pelanggan
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RS Mitra Internasional dari
perhitungan yang di dapat X2 54,78643 lebih besar dari X2 table 21,0261 pada a
= 10%.
Kesimpulannya RS Mitra Internasional telah melakukan
pelayanan yang cukup baik sehingga pelanggan merasa puas terhadap pelayanan
jasa yang diberikan oleh RS Mitra Internasional.
SARAN:
Memperhatikan kinerja para karyawan untuk menjaga loyalitas
pelanggan.
Menaikkan mutu pelayanan karena semakin ketatnya persaingan
dalam pelayanan RS Mitra Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar